5 Tips Kuat I’tikaf Walau Besoknya Kerja

0
141
Khusyu'nya jamaah i'tikaf
Khusyu'nya jamaah i'tikaf

4 Tips Kuat I’tikaf Walau Besoknya Kerja

Surabaya- Itikaf merupakan sunnah Ramadhan yang umumnya dilaksanakan sepuluh hari terakhir Ramadan. Sepuluh hari terakhir bulan Ramadan menjadi istimewa karena adanya malam Lailatul Qodar, yaitu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.

Memburu Lailatul Qodar tentu ingin dilakukan setiap muslim mengingat berlimpahnya pahala dan ampunan pada hari itu. Namun bagaimana bila kita ingin i’tikaf namun besoknya kita masih harus bekerja? sementara i’tikaf tentu mengurangi jatah istirahat dan tidur kita. Mari simak tips dari Indonesiaraya.or.id 

  1. Geser Jam Tidur

Niat baik i’tikaf tentunya sebaiknya tidak membuat kita mengurangi jatah istirahat kita dengan drastis dong. Karena tubuh butuh jam istirahat juga agar optimal kerja otak dan asupan oksigen tidak kurang untuk esok harinya. Salah satu tipsnya yakni geser jam tidur anda. Tidur umumnya membutuhkan 6-7 jam untuk orang dewasa. Jam tidur tersebut bisa kita ‘cicil’ saat jam tidur siang dan tidur sebelum memulai i’tikaf di malam dini hari.

2. Tingkatkan Kualitas Tidur

Buat jam tidurmu semakin berkualitas dengan meninggalkan smartphone dan menonton tv sebelum tidur, dengan tidak bermain dan dekat-dekat dengan smartphone dan tv akan menghilangkan efek radiasinya. Jangan merokok dan minum kopi juga sebelum tidur karena bisa mengurangi kualitas tidur. Jangan pula tidur ditempat yang berisik untuk menjaga kualitas tidur sebelum i’tikaf .

3. Cek Kesehatan Terlebih Dahulu

Idealnya kita perlu cek kesehatan terlebih dahulu. Jangan memaksakan ingin i’tikaf ketika diri lagi sakit atau tidak fit. Cek tekanan darah, kontrol gula darah bagi penderita diabetes, dan periksa apakah kita sedang terjangkit penyakit menular apa tidak.

4. Kontrol dan Jaga Pola Makan

Jauhi makan-makanan berat sebelum i’tikaf, semakin banyak makan biasanya akan membuat badan semakin malas bergerak. Hati-hati juga dengan makanan, jangan sampai makan makanan yang bisa membuat sakit perut dan diare. Perbanyak makan buah-buahan dan air putih. Terakhir atur jam makan juga, jangan sampai telat makan karena bisa mengundang maag.

Itu tadi 4 tips kuat itikaf walau kerja. Agar kita bisa nyaman i’tikaf dan bisa membaca Al Quran sesuai tajwid, boleh dicoba membaca Al Quran Tajwid Azalia yang bisa dibeli di mitra kami Almaas Griya Muslim Insani.  Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here