Dalam rangka hari kemerdekaan indonesia ke 74 pemerintah provinsi jawa timur mengundang masyarakat dalam Pesta Hiburan Rakyat dan Kuliner Gratis pada hari Sabtu sore (17/08/2019) Pukul 17.00 sd 21.00 WIB di Jl. Gubernur Suryo Surabaya.

Gelaran acara tersebut akan diadakan mulai depan Hotel Inna Simpang hingga Balai Pemuda dan akan di hiasi oleh berbagai hiburan musik jalanan, pertunjukan barongsai, musik dangdut dan berbagai macam stand makanan gratis yang akan menghiasi sepanjang jalan.

“Ibu Gubernur mengundang seluruh masyarakat Jatim untuk datang dan ikut memeriahkan perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia. Nantinya, semua makanan yang disajikan khas Jatim dan yang terpenting bisa dinikmati gratis,” kata Aries Agung Paewai, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Rabu (14/8).

“Sebenarnya banyak sekali masyarakat yang ingin ikut merayakan HUT RI. Tanggal 17 Agustus ini kan ekspresi merah putih, ekspresi NKRI, maka saya rasa ekspresi dari lagu-lagu Gombloh, akan membangun heroisme yang luar biasa,” kata Khofifah (Gubernur Jawa Timur), Senin (12/8/2019).

Makanan-makanan yang dibagikan akan disediakan oleh Pemprov Jatim, dan ada pula makanan hasil gotong royong dan sumbangan berbagai kalangan. Gubernur Jawa timur bahkan akan menyumbang Lontong Kupang dan Es Krim pada acara tersebut.

“Kita saling urunan. Saya juga ditanya urunan apa, saya bilang, saya lontong kupang deh. Tapi saya pastikan itu dari pribadi,” kata Khofifah.

Menurut Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Aries Agung Paewai, banyak pihak yang secara sukarela ingin berpartisipasi dalam acara ini dengan memberikan sumbangan makanan. Apalagi ditargetkan kurang lebih 15 ribu masyarakat akan hadir, ditambah Gubernur Jatim juga akan mengundang 500 anak yatim piatu dan 500 penyandang disabilitas.

“Kami menerima siapapun yang ingin menyumbangkan makanan, namun kami tidak memaksa ataupun meminta sumbangan, semua sukarela. Bila ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan bergotong royong secara pribadi, ikhlas berpartisipasi untuk rakyat juga kami persilahkan. Tidak ada aturan ingin menyumbang berapa mau 50 atau 100 makanan silahkan. Jadi ini dari rakyat, oleh rakyat dan dipersembahkan untuk rakyat,” katanya.

Khofifah Indar Parawansa juga mengatakan “Kediri ada yang menyumbang kerupuk ‘tayammum’. Lalu Bondowoso menyumbang tape. Saya terenyuh. Ini menggetarkan. Yang relatif jauh ternyata gravitasinya kuat. Betapa di momen yang penting ini ayo menarik rasa kebersamaan.”.

Walaupun banyak makanan hasil gotong royong masyrakat, Tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Pemprov Jatim tetap akan memeriksa kualitas makanan tersebut. Bila tidak memenuhi kualitas yang ditetapkan Pemprov akan mengembalikan makanan tersebut.

“Jadi kami menjamin betul keamanan makanan yang disajikan kepada masyarakat. Akan ada tim food security yang memantau dan memeriksa setiap makanan,” kata Pemprov Jawa Timur.

Selain  menyediakan berbagai kuliner gratis, nantinya Pemprov juga mengundan penyanyi Via Vallen dan ada juga band dari siswa-siswa Jatim, juga tarian kolosal khas Jatim serta flashmob. untuk menghibur masyarakat provinsi Jawa Timur selama acara berlangsung.

Penutupan jalan di sepanjang Gedung Negara Grahadi akan dilakukan mulai pukul 14.00 – 22.00 WIB. Hal ini dikarenakan mulai pukul 15.00 WIB akan dimulai rangkaian upacara penurunan bendera dan kemudian akan dilanjutkan acara Hiburan Rakyat dan Kuliner Gratis. Terkait penutupan jalan ini Pemprov sudah berkoordinasi dan meminta izin Polrestabes Surabaya.

sumber : 

https://surabaya.tribunnews.com/2019/08/12/kuliner-gratis-via-vallen-bakal-ramaikan-pesta-rakyat-17-agustus-di-jl-gubernur-suryo

http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/semarak-hut-ke-74-ri-pemprov-gelar-pesta-rakyat-dan-kuliner-gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here