Piala Pertama Maurizio Sarri Setelah 29 Tahun

1
66
Maurizio Sarri Angkat Trofi Europa League
Maurizio Sarri Angkat Trofi Europa League

Piala Pertama Maurizio Sarri Setelah 29 Tahun

Penantian Maurizio Sarri untuk meraih gelar juara berakhir pada Kamis (30/5) dini hari WIB di Stadion Olimpia Baku. Chelsea, klub yang dilatihnya, mampu mengalahkan Arsenal dengan skor 4-1 pada final Liga Europa musim 2018/19.

Juara Liga Europa menjadi trofi mayor pertama dalam karir kepelatihan Maurizio Sarri. Dia membutuhkan penantian selama 29 tahun sebelum merengkuh gelar pertama ini. Ya, 29 tahun!

Piala pertama diraih Sarri dengan penuh torehan fantastis. Selain dengan skor besar, pria asal Italia itu menundukkan Unai Emery yang dikenal sebagai spesialis Liga Europa. Emery sebelumnya tiga kali lolos ke final dan tiga kali pula jadi juara bersama Sevilla. Kemenangan Chelsea di final juga menjadikan Chelsea klub pertama di abad 21 yang menjuarai piala di ajang Europa League tanpa tersentuh kekalahan.

Sarri mengawali karier melatihnya di Stia pada musim 1990/1991. Sejak saat itu dia banyak berganti tim, di mana Chelsea merupakan klub ke-19 yang dia besut.

Nama Sarri mulai mencuat saat dia mengantar Empoli promosi ke Serie A dan kemudian menjadikan Napoli penantang Juventus untuk memperebutkan Scudetto. Meski dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik di Italia dalam lima tahun ke belakang, dia gagal meraih trofi.

Kesempatan pertama Sarri meraih gelar juara datang saat Chelsea melaju ke final Carabao Cup pada Februari 2019 lalu. Hanya saja, The Blues kemudian kalah lewat babak adu penalti dari Manchester City pada laga final.

Dan, akhirnya, setelah menanti selama 29 tahun, Maurizio Sarri mengakhiri dahaga raihan gelar juara. Pria berusia 61 tahun membawa Chelsea menjadi juara Liga Europa dengan mengalahkan Arsenal dengan skor 4-1 pada laga final.

lihat juga berita lain di kolom berita sport

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here